Model Perencanaan Kepariwisataan #Part 3

Pendekatan Prediksi/ Forcasting Terdapat lima tipe terkait teknik dalam memprediksikan/ forecasting, satu teknik yaitu deplhi dan penulisan scenario tidak dignakan dalam pendeketan ini karena tidak relevan[1]. Empat tipe teknik tersebut dijadikan sebagai model dalam perencanaan kepariwisataan, berikut penjelasan secara singkat terkait model tersebut. #8 Model Ekonometrik, Regresi dan diskriminan merupakan analisis yang berasal dari model…

Details

Model Perencanaan Kepariwisataan #Part 2

#B Model Perencanaan Kepariwisataan Terdapat 15 model sebagai alat yang dapat membantu dalam  merencanakan aktivitas kepariwisataan yang diklasifikasikan kedalam 3 yaitu model teoritikal, prediksi dan proses. Masing-masing model dideskripsikan secara singkat sebagai berikut: Pendekatan Teoritikal Seperti yang telah dibahas pada #part 1 bahwa model ini merupakan model yang lingkup pendekatannya terhadap sistem kepariwisataan. Model ini…

Details

Model Perencanaan Kepariwisataan #Part 1

Kegiatan pariwisata awalnya memang merupakan salah satu aktivitas “escape” dari rutinitas sehari-hari setiap individu yang memiliki status sosial tinggi, dengan kata lain pariwisata dahulu diperuntukan bari mereka yang “beruang”. Hal tersebut terlihat di Eropa dan Amerika, wisata dijadikan salah satu killing time activity pada saat akhir pekan setelah terjadinya evolusi industri, yang menggantikan tenaga manusia…

Details

PLOG

Adalah seorang psikolog asal Amerika yang memperkenalkan teori psikologi wisatawan, relevansi teori tersebut masih dipakai hingga saat ini. Konsep Psychology of Tourists yang dipublikasikan pada tahun 1973 memiliki peran yang sangat penting dalam mengklasifikasikan tipe wisatawan, psychocentric dan allocentric. Secara psikologi terdapat wisatawan yang kurang nyaman dengan lingkungan atau budaya baru/ unfamiliar. Hal tersebut berpengaruh…

Details

Jadi, Kamu ingin membuat infografik?

Infrografik atau visualisasi data adalah salah satu cara yang efektif untuk mengkomunikasikan sebuah informasi. Ya, infografik memang sangat berguna dan sangat beautiful. Infografik akan lebih efektif dimana dilakukan dengan perancanaan dan monitoring yang tepat. Berikut terdapat 4 tahapkreatif dalam membuat infografik yang informatif dan nyaman dilihat mata, semoga bermanfaat. #1 BRAINSTORMING Tahap pertama dari semua…

Details

IRRIDEX

Pertama-tama kita kembali ke setengah abad lalu, tepatnya 42 tahun lalu, tahun 1975 (dimana pada saat itu sedang trending young movement atau lebih dikenal dengan sebutan Hippie), ternyata dilain sisi terdapat kekhawatiran yang nyata dan berpotensi menimbulkan dampak negatif oleh aktivitas pariwisata pada daerah tujuan wisata. Salah satu ahli yang menyadari akan hal tersebut adalah…

Details

Perencanaan Media Sosial untuk Event

  Persiapan dalam sebuah perhelatan (event) sangat diperlukan, terutama dalam mempersiapkan strategi media sosial. Sebuah perencanaan media sosial untuk event sebaiknya mencakup 5 langkah yang dilakukan secara bertahap. Apa saja ke-5 langkah tersebut? Mari kita pelajari lebih lanjut.   #1 Event PIC Langkah pertama ini memerlukan deskripsi singkat mengenai event yang akan dilaksanakan, berisikan: Nama…

Details

Geowisata Cekungan Bandung

OK, terdapat hal menarik yang perlu Anda ketahui sebelum melangkah lebih lanjut kepada konten postingan kali ini yaitu dengan melihat (menjawab juga bisa sih, tapi jawab dalam hati saja yess) jawaban berikut: Apakah Geowisata itu, Pariwisata geografi? atau Pariwisata geologi? #1. Geowisata Geowisata merupakan pendekatan multidisiplin yang mencakup ilmu geografi yang secara konteks meliputi sosial, ekonomi dan budaya dimana hal tersebut…

Details